Thursday, October 25, 2012

16 Tips Mengamankan Akun Fb

Dibawah ini sekedar Tips untuk mencari jodoh..halaahh salah tips untuk menghindari akun fb anda kemungkinan gampang  untuk dihack  oleh bandit-bandit pesbuuk.. untuk anda yang belum mengetahui.

Sebelum membaca jangan lupa baca Bismillah,supaya masuk ya…. ^__^

1. sebelum login /masuk kefacebook , pastikan alamat URL yang anda buka http://www.facebook.com/ ,    http://www.facebook.com/login.php bukan alamat yang lain seperti : www.pesbuuk.com, www.fesbook.com ,www.unyil.com dll. Jika menemukan alamat yang lain tersebut bisa jadi itu jebakan.

2.Jangan  pernah menampilkan alamat email pada dinding info profil anda.buat privasi “hanya saya “ yang dapat melihat. artinya cuma anda yang bisa melihat email anda diinfo.


3.Sebaiknya anda memiliki dua akun email untuk dapat mengakses akun facebooknya tambahkan alamat email kedua pada halaman account privasi facebook anda .demikian juga pada email.tambahkan email konfirmasi pada akun email anda.sebab,jika akun email anda juga di hack,anda masih bisa mengembalikannya melalui email yang lain..

4..Bukalah sesekali akun email yahoo anda,.sekurang-kurangnya sebulan 1 x .jika dalam tempo 4 bulan akun email anda tidak anda buka,maka akan dihapus oleh pihak yahoo.dan ketika anda membuka akun email tersebut  maka anda tidak akan bisa masuk,sekalipun anda bisa masuk ke- akun facebook  anda.

5.Gunakan password dengan kombinasi huruf, angka dan tanda baca lainya. dan kalimat yang mungkin jarang dipakai  , Contoh : @nasi123&goreng ,97sendal& jepit ,,dll .tapi harus yg mudah diingat oleh anda ,kalau perlu ditulis disebuah kertas dan disimpan  didalam lubuk hati yang terdalam. So sweetttttt….

6..Gunakan password yang berbeda pada password untuk masuk akun email dengan password login facebook. Misalnya password login fb  " 123@saya&akug4nt3ng " buat password login email anda beda misal  "@kamu123c4nt1k   ".jadi jika suatu saat fb  dihack,  anda masih bisa merebutnya kembali melalui email anda.

7..hindari membuat pasword : dengan tanggal lahir anda .tanggal lahir suami/pacar.
,no telephon /HP ,nama anda,nama suami/pacar.

8.Buatlah pertanyaan keamanan..! anda  bisa mengotak,atik bagian pengaturan privasi.Buatlah pertanyaan pengamanan yang ketat dan jawabannya gak nyambung tapi jawabannya bisa diingat.

9..Jangan lupa Log Out/keluar Facebook jika membuka Facebook ditempat teman atau hape teman.

10..Biasakan selalu  Clear History pada web browser, supaya cache dan password history yang tersimpan dicomputer  akan hilang.  apalagi  jika anda online diwarnet (ditempat umum ) Cari tulisan Tools >>>clear recent history >> lalu pilih everyting >>centang semua “browsing & download history …dst.. >>> lalu klik clear now .maka selesai pembersihan..

11.Apabila sedang membuka Facebook ditempat umum,warnet,kampus dll. tiba-tiba komputernya mati atau mati lampu segera Login Facebook dari tempat lain, karena facebook hanya menerima satu IP public dan satu ID web browser saja dalam waktu yang bersamaan dan menghilangkan status login sebelumnya.tapi kalau mau menunggu lampu hidup kembali itu lebih bagus.

12. Jika sering online ditempat umum, cobalah setiap masuk untuk login di facebook gunakanlah keyboard screen untuk mengisi email dan  passwordnya,agak ribet sih tapi tinggal klik doang kok demi keamanan ribet sebentar gak apalah. Caranya Klik Menu START, lalu RUN dan ketikan OSK maka akan muncul keyboard digital.
( serupa dengan menu tampilan keyboard biasa ) ini guna mencegah bila ada warnet tersebut menggunakan software seperti Keylogger yang mampu merekam setiap aktivitas penggunaan Keyboard.

13 Saat ingin login facebook ,pastikan  tidak mencentrang tulisan "Biarkan saya tetap masuk" atau kalo orang inggris bilang "Keep me logged in " dibawah kotak email saat ingin login, jika sudah tercentang hilangkan kembali centangnya agar mencegah email dan akun fb  tidak terbuka saat anda sudah keluar dari halaman akun fb.

14.Jika kita membuka fb dengan firefox atau mozilla ,maka diatas ada pertanyaan dalam B.Inggris “do you want firefox to remember  the password forexample@yahoo.com on facebook.com ? “ > not now. Gunanya agar mozilla dikomputer tersebut  tidak menyimpan password dan email anda..!!

15. jika ada diantara anda yang pesbuknya kena hack, cobalah untuk meneliti pembritahuan pada kotak masuk akun email, apakah ada pemberitahuan dari pihak facebook. Jika alamat email facebook anda telah diganti dengan alamat email lain atau begitu juga password facebook apakah ada pemberitahuan telah mengganti dengan yang baru. Nah jika ada, anda dapat merebut kembali akun facebook n dengan meng-cancel atau mengklik URL atau link yang diberitahukan.

16.Berhati-hatilah ketika anda mengklik sebuah tautan situs web yang anda lihat,jika anda diajak untuk mengikuti situs tersebut yg mana anda diminta untuk  login fb kembali seperti awal , jangan pernah mengikutinya.kembalilah pada wall fb anda semula.tapi bila situs web tersebut berisi artikel dan tidak meminta anda harus login seperti awal, itu tidak apa-apa.
hanya untuk dibaca.

Inilah sekedar tips yang saya ketahui dan sebagian juga saya ambil menggunakan teknologi copy paste.semoga bermanfaat dan dipraktekkan untuk keamanan fb anda pribadi.
jika ada tambahan silahkan dilampirkan dikomentar ,untuk kita bersama.

sumber:  http://alfyanikumalaanggraini.blogspot.com/2012/09/16-tips-mengamankan-akun-fb.html

0 comments:

Post a Comment

 
;